Gedung Ini Puncaknya Berputar 90 Derajat

turning-torsoBila sebelumnya tersaji untuk Anda tentang ilusi optik memukau Jembatan Oresund yang menghubungkan Kota Malmo (Swedia) dan Kopenhagen (Denmark), pada tulisan kali ini kembali hadir tentang bangunan berarsitektur yang tak kalah spektakuler di mana letaknya juga berada di Kota Malmo, Swedia, yaitu Turning Torso.

Sebuah gedung pencakar langit menjulang tinggi serta miliki arsitektur ekstrim nan mengagumkan. Dari kejauhan, Turning Torso mungkin terlihat menyerupai gulungan kertas raksasa yang berdiri tegak sehingga barangkali membuat orang sedikit tak percaya bila itu adalah sebuah gedung sungguhan.

Bentuk bangunannya memutar (twisted skyscraper) dari dasar hingga ke puncaknya mencapai 90 derajat. Terdiri dari 54 lantai dalam 9 bangunan segi lima yang tertata rapi dan ketinggiannya mencapai 190 meter.

Secara resmi Turning Torso dibuka pada 27 Agustus 2005. Bisa dibilang mungkin gedung memutar yang dirancang oleh arsitek ternama asal Spanyol, Santiago Calatrava ini adalah gedung pencakar langit modern yang memutar pertama di dunia di tengah maraknya tren twisted skyscraper seperti saat ini.